Home » » Sejarah Khalifah Marwan Bin Malik

Sejarah Khalifah Marwan Bin Malik

Assalamualaikum.

Kembali lagi bersama blogwalking yang tentunya sobat blogger semua "wajib berkunjung"  kesini, karena apa?  karena silaturahmi itu bisa memanjangkan umur, dan memudahkan rizki, betul begitu bukan?

Nah, dalam postingan kali ini, blogwalking  memposting sebuah sejarah, tentang  tokoh-tokoh Islam dari kalangan para khalifah. Bagi kita semua, terutama kaum Muslim,  selayaknya harus mengetahui bagaimana sejarah kaum Muslim.
 
 Sebagai warga negara Indonesia yang berjumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, melebihi asal dimana Nabi Muhammad mendakwahkan Agama Islam, yaitu tanah Arab. Dan buat kamu semua para blogger Muslim mania, yuk kita baca sejarah seorang khalifah yang sangat luar biasa ini.
Namun, bagi sobat semua.. yang ingin menyimpan file ini daripada susah2 mengcopy, mending langsung aja deh di download dengan menekan tombol download di bawah ya sob.

 

Seri           : Sejarah Para Khalifah Bani Umayyah
Nama        : Marwan bin Hakam
Masa         : 65-66 H / 684-685 M

SEJARAH KHALIFAH BANI UMAYYAH
MARWAN BIN HAKAM


Biografi Marwan bin Hakam.

Marwan bin Hakam merupakan Khalifah keempat dari daulat bani Umaiyyah setelah Muawiyyah bin Yazid berkuasa hanya 3 bulan ada yang mengatakan 40 hari saja. Dan jika dilihat dari silsilah dia merupakan cucu dari Abul ‘Ash yang juga merupakan kakek dari Ustman bin Affan.Setelah terputusnya keturunan Muawiyyah dalam melanggengkan kekuasaan dikarenakan berakhirnya kekuasaan Muawiyyah bin Yazid maka kursi kekuasaan pun beralih ke bani Marwan setelah keluarga besar Umaiyyah mengangkatnya sebagai khalifah.Karena dari keluarga besar Umaiyyah beraggapan bahwa Marwan bin Hakam adalah orang yang tepat untuk mengendalikan kekuasaan karena pengalamanya. Dan juga ketika itu banyak terjadi perecahan ditubuh bangsa Arab sendiri selain juga adanya pemberontakan kaum Khawarij dan Syi’ah yang bertubi-tubi sehingga dalam keadaan tersebut sangat rawan sekali terajadinya perpecahan.

Perjalanan Politik Marwan bin Hakam Dalam perjalanan karier politik Marwan bin Hakam sebenarnya sudah dimulai sejak pada masa khalifah Ustman bin Affan.Tapi kemudian setelah terjadi perang jamal yakni peperangan antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyyah bin Abi Sofyan setelah peperangan selesai,kemudian Marwan mengundurkan diri dari gelanggang politik dia memberikan bai’at dan memberikan sumpah setianya atas Ali bin Abi Thalib menjadi Khalifah.Akan tetapi setelah Muawiyyah bin Abi Sofyan menjadi Khalifah,dia pun diangkat Muawiyyah sebagai bagian dari pemerintahannya atas segala bantuannya yang telah ia berikan pada Muawiyyah pada saat perang Jamal yaitu ketika Marwan memegang stempel khalifah Ustman.Dan juga karena Muawiyyah beranggapan bahwa Marwan juga telah melakukan peranan penting dalam peristiwa perang Jamal,yakni melemahkan Ali serta menewaskan Thalhah dengan panahnya.

Berdasarkan pada hal-hal diatas,maka Muawiyyah pun mengangkat Marwan bin Hakam menjadi gubernur di Madinah ketika masa pemerintahan Yazid bin Muawiyyah dan juga menjadi pembantunya yang terdekat dalam kursi pemerintahan,serta menjadi salah seorang penasehat pemerintahan di Damaskus. Marwan bin Hakam muncul sebagai calon khalifah yang dapat berkompromi.Meskipun Muawiyyah sudah melepaskannya untuk anak laki-lakinya yang bernama Yazid.Akan tetapi Marwan bin Hakam masih merupakan anggota bani Umaiyyah yang senior.Dan dia juga berjanji kepada kelompok suku di Sakun untuk memberikan banyak tanah di Balqa’ yang terletak di wilayah Yordania.Maka kemudian Marwan pun disetujui sebagai Amirul Mu’minin yang baru dan sebagian besar bangsa Syiria bersatu dibelakangnya.

Menurut suatu riwayat juga disebutkan bahwa sebenanya Murwan bin Hakam hampir saja pergi menemui Ibnu Zubair untuk membaiatnya menjadi khalifah,kalau tidaklah Ubaidillah Ibnu Ziyad berkata padaya“Aku merasa malu atas kehendakmu itu,engkau adalah pembesar dan pemimpin Quraisy,mereka akan mengikuti apa yang engkau perbuat“mendengar ucapan itu tumbuhlah suatu harpan dalam hati Marwan bin Hakam,dan dia pun menjawab“kita belum terlambat“itulah ungkapan yang ditulis oleh Prof.Dr.Syalabi yang dikutip dari kitab Tarikh Umami Wal Mulk.Tapi dalam versi lain ada yang mengatakan bahwa pemerintahan Marwan bin Hakam pertama berkuasa adalah ketika masa khalifah Abdullah Ibnu Zubair masih berkuasa dan menyatakan pemerintahan Marwan bin Hakam adalah tidak legal karena dia berkuasa pada saat pemerintahan Abdullah Ibnu Zubair masih berkuasa di Syam. Dan setelah meninggalnya Yazid bin Muawiyah yang mengundurkan diri dari kekuasaan dan kemudian menyendiri,maka Bani Umaiyyah pun segera mengangkat Marwan bin Hakam pada tahun 64 H/ 685 M.

Terlepas dari kontroversi mengenai keabsahan khalifah Marwan bin Hakam dia pun memiliki banyak tugas diantara tugasnya yang pertama adalah menyelematkan kedudukannya dan mengembalikan orang-orang suku di Jazirah kedalam kekuasaannya.Pertempuran Marj Rahit menghasilkan kesepakatan untuk mendukungnya dan sekarang dia melanjutkan perlawanannya terhadap pripinsi-propinsi lain yang mendukung dan menerima Ibnu Zubair dan Mesir pun menjadi sasaran pertama yang dituju dia.Dan akhirnya dia pun mampu menguasai Syam kembali dan kemudian mengambil Mesir dari tangan Abdullah Ibnu Zubair,Selain dia dapat menguasai Syam dan mengambil kembali Mesir dari tangan Ibnu Zubair dia pun juga dapat mengalahkan kabilah Ad-Dahhak bin Qais,serta menempatkan putranya yakni Abdul Aziz sebagai gubernurnya.Abdul Aziz adalah ayah Umar,seorang khalifah Bani Umaiyyah yang masyhur.

Akhir Masa Pemerintahan Marwan bin Hakam

Marwan bin Hakam hanya sebentar dalam menduduki kursi kekhalifahan yakni tahun 64-65 H atau 684-685 M.Dalam masa pemerintannya yang hanya satu tahun tersebut dia mengalami banyak pemberontakan yang dilakukan oleh kaum Khawarij dan Syi’ah serta perlawanan dari penduduk-penduduk Syam,Hijaz,dan Mesir serta Bangsa Arab lainnya. Meskipun dia hanya berkuasa selama satu tahun atau yang lebih tepatnya adalah Sembilan bulan delapan belas hari akan tetapi dia mampu mengatasi pemberontakan-pemberontakan yang dilakukan oleh kaum Khawarij dan S yi’ah serta penduduk-penduduk yang tidak mau menerima Marwan bin Hakam sebagai Khalifah. Selain itu dia juga merupakan khalifah yang melahirkan penguasa-penguasa yang menjadi puncak kejayaan dalam Sejarah peradaban islam ketika daulah bani Umaiyyah berkuasa.Dan untuk mengukuhkan jabatan khilafahnya itu, Marwan bin Hakam yang sudah berusia 63 tahun kemudian mengawini Ummu Khalid yakni ibu Khalid bin Yazid atau saudaranya Muawiyyah bin yazid.

Meskipun dalam perkawinan itu sangat kental dengan aroma politik.Karena dengan mengawini janda Yazid,Maka Marwan bermaksud menyingkirkan Khalid atau saudara dari Yazid dari tuntutan khilafah. Dalam suatu kesempatan, Marwan sempat memberikan ejekan kepada Khalid dan ibunya.Akibatnya fatal yang kemudian Ummu Khalid menaruh dendam yang luar biasa pada Marwanbin Hakam.Dan pada suatu kesempatan ketika Ummu Khalid mendatanginya bersama para dayang dan kemudian Ummu Khalid pun membunuh Marwan bin Hakam dengan mencekik lehernya ketika dia dalam keadaan tidur.Marwan meninggalpada usia 63 tahun.Dan akhirnya Ia pun hanya menjabat sebagai khalifah selama 9 bulan 18 hari. Dan kemudian tahta kekhalifahan pun diwariskan pada anaknya yang bernama Abdul Malik.

Demikianlah Sejarah Klalifah Marwan bin Hakam, sosok Khalifah Islam yang sangat luar biasa, dan patut untuk kita contoh dan jadikan sebagai tauladan

Teriamakasih atas kesudiannyanya berkunjung ke "blogwalking" ini, semoga sobat blogger Muslim mania tidak kapok untuk datang dan mampir di blog ini. karen apa?

"Bersilaturahmi itu dapat memanjangkan umur, dan memurahkan rizki"

Jika sobat semua memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar atau pada buku tamu yang sudah tersedia di blog ini ya, ^_^

JazakAllah Khairan Katsiran
Wassalamualaikum
Share this article :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

BUKAN PERANG JAMAL (AISYAH VS ALI) YG DIMAKSUD AKAN TETAPI PERANG SHIFFIN (ALI VS MUAWIYAH)

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Putra DCD | PGMI STAIN | Mediaalishlah | Premium Template | Metro | 2013
Copyright © 2013. blogwalking - Be The Best - Do The Best
Template Modify by Creating Website Inspiration Informstion
Proudly Present Andi Septiawan