Home » » Sejarah Khalifah Sulaiman Bin Abdul Malik

Sejarah Khalifah Sulaiman Bin Abdul Malik

Assalamualaikum

Kembali lagi bersama blogwalking yang tentunya sobat blogger semua "wajib berkunjung"  kesini, karena apa?  karena silaturahmi itu bisa memanjangkan umur, dan memudahkan rizki, betul begitu bukan?

Nah, dalam postingan kali ini, blogwalking  memposting sebuah sejarah, tentang  tokoh-tokoh Islam dari kalangan para khalifah. Bagi kita semua, terutama kaum Muslim,  selayaknya harus mengetahui bagaimana sejarah kaum Muslim.

Sebagai warga negara Indonesia yang berjumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, melebihi asal dimana Nabi Muhammad mendakwahkan Agama Islam, yaitu tanah Arab. Dan buat kamu semua para blogger Muslim mania, yuk kita baca sejarah seorang khalifah yang sangat luar biasa ini.
Namun, bagi sobat semua.. yang ingin menyimpan file ini daripada susah2 mengcopy, mending langsung aja deh di download dengan menekan tombol download di bawah ya sob.


Seri           : Sejarah Para Khalifah Bani Umayyah
Nama        : Sulaiman Bin Abdul Malik
Masa         : 97-99 H/715-717 M

SEJARAH KHALIFAH BANI UMAYYAH
SULAIMAN BIN ABDUL MALIK

Biografi Sulaiman bin Abdul Malik

Dia bernama Sulaiman bin Abdul Malik bin Marwan.Dia dilahirkan pada tahun 54 H.Dia adalah adik dari khalifah sebelumnya al-Walid.Dia menjadi kholifah kurang lebih selama tiga tahun yaitu pada tahun 96-99 M/714-717 H.Dia adalah kholifah ketujuh dari daulat bani Umaiyyah.Dia memperoleh tahta sesuai dengan wasiat dari ayahnya yaitu Abd al-Malik,agar anaknya Walid dan Sulaiman menjadi kholifah sesudahnya. Setelah al-Walid wafat,dia secara otomatis naik tahta menjadi kholifah menggantikannya.Sebelum menjadi kholifah dia menjadi gubernur di Ramlan.Sebelum wafat al-Walid pernah bermaksud untuk memecat Sulaiman dari kedudukannya sebagai putra mahkota.Hal ini dikarenakan ia ingin mengangkat putranya sendiri yang bernama Abdul Aziz untuk menggantikannya.Tetapi usaha yang dilakukan al-Walid untuk menggeser putra mahkota itu berdampak buruk,karena menyebabkan awal pemerintahan Sulaiman diwarnai dengan aksi balas dendam terhadapnya.

Perjalanan Politik Sulaiman bin Abdul Malik

Tatkala duduk sebagai kholifah,dia memerintahkan semua jajaran dan rakyatnya untuk melakukan sholat tepat pada waktunya dimana sebelumnya diakhirkan hingga keakhir waktunya.Era sulaiman dikenal kurang baik dibandingkan dengan pendahulunya (al-Walid) dan penggantinya (Umar bin Abdul Azia).Para jenderal yang mengharumkan nama Islam di tiga benua pada masa pendahulunya,justru dipecat oleh Sulaiman dengan tidak hormat.Seperti Musa dan Thariq dipecat dan diambil kekayaan mereka dengan alasan mereka tidak patuh pada perintah Sulaiman.Putra Musa al-Aziz dibunuh dengan alasan menikahi janda Roderic.Keponakan Musa,al-Ayub dipecat.Ibn Qosim dibunuh secara keji karena ia adalah keponakan dan menantu Hajaj.Hajaj pernah usulkan kepada al-Walid untuk pembatalan wasiat Abd al-Malik dan mengangkat putranya Walid sendiri sebagai khilifah,namun al-Walid wafat dan Hajjaj pun wafat sebelum al-Walid wafat,maka kemarahannya jatuh kepada keluarga Hajjaj.

Di awal pemerintahannya diwarnai dengan aksi balas dendam terhadap pemimpin-pemimpin besar yang pernah ada dalam sejarah.Pada masa pemerintahannya dia hendak melaksanakan aksi balas dendam terhadap hajjaj yang mendukung Walid ketika Walid mau mengesampingkan hak dia sebagai pengganti kholifah.Para pemimpin itu sebelumnya telah sepakat dengan saudaranya,Walid,untuk menurunkan sulaiman dari kedudukannya sebagai putra mahkota dan menggantinya dengan anaknya.Mereka yang setuju itu adalah Muhammad bin Qosim dan Qutaibah bin Muslim.Tetapi ada pula orang berkata bahwa Qutaibah ibnu Muslimlah yang lebih dahulu berusaha untuk memecat Sulaiman,lantaran ia sangat takut kepadanya.Karena itu,maka Bani Tamim yang merupakan inti dalam pasukan Qutaibah memberontak terhadap Qutaibah sendiri.

Setelah naik tahta Sulaiman membebaskan siapa saja yang dipenjara oleh Al Hajjaj dan dia menindas para pendukung Walid.Akibat perlakuan buruk terhadap para pahlawan termasyur ini perkembangan islam menjadi terganggu.Pada masanya dia bersikap baik terhadap bangsa Arab Yaman dan memusuhi Arab Hijjaz.Yazid bin Muhallab yang tidak disukai pada masa pemerintahannya Walid kembali memperoleh kekuasaan sebagai gubernur khurasan.Prestasi Sulaiman yang patut dicatat adalah ia membatalkan wasiat ayahnya dan mengangkat Umar bin Abdul Aziz sebagai penggantinya atas usul Raja’ bin Haiwa’, (penasehat utama kerajaan).Barang kali juga sebagai balas budi dikarenakan Umar bin Abdul Aziz yang membela Sulaiman ketika al-Walid memaksa dalam pertemuan rahasia antara kholifah dengan tiga orang Gubernur Jendral-Musa,Hajjaj,Umar bin Abdul Aziz,dimana Umar bin Abdul Aziz menolak untuk mengkhianati seorang yang kepadanya memberikan sumpah setia saat menjabat sebagai Gubernur semasa Abd Malik selama tujuh tahun.

Umar bin Abdul Aziz memprotes wasiat Abd Malik itu bahwa sesudah al-Walid,Sulaiman menjadi putra mahkota,hanya dapat diubah apabila rakyat setuju maka harus diserahkan dulu kepada kehendak rakyat.Menjelang Sulaiman wafat ia tinggalkan wasiat tertulis yang menetapkan umar bin Abdul Aziz sebagai penggantinya.

Penaklukan dimasa pemerintahannya sangatlah terbatas. Dikawasan barat dia menyerang Konstatinopel melalui darat dan laut.Pada tahun 98H/716 M,Sulaiman dengan petunjuk jendral Bizantium,bernama Leo memutuskan untuk menaklukan Konstatinopel.Untuk tujuan ini dia mengirim satu pasukan dibawah pimpinan maslamah yang menyebrangi Helespoin tanpa mendapat perlawanan dan mengepung Konstatinopel.Tetapi tanpa diduga leo diangkat oleh bangsa romawi yang ketakutan untuk menduduki tahta kerajaan.Karena itu Leo memutuskan hubungan dengan Islam.Orang Islam dikalahkan dan mengalami kesulitan karena kelaparan,kedinginan dan penyakit sampar selama satu tahun.Armada itu terpaksa mundur.Kholifah juga sangat terkejut dengan pengkhianatan Leo.Penyerangan ini dipimpin oleh Maslamah bin Abdul Malik.Maslamah terus tinggal disitu dan berjanji tidak akan kembali sebelum menaklukan Konstatinopel.

Sedangkan dikawasan lain Yazid bin Muhallab berhasil menaklukan Jurjan dan mengirimkan harta rampasan yang berlimpah ruah kepadanya.Sehingga pada masanya terjadi ekspansi ke Iran.Selain ekspensi berlanjut ke bagian pegunungan di Iran seperti Thibristan.Sulaiman dikenal untuk kemampuan pidatonya yang luar biasa namun hukuman matinya kepada ke tiga jendralnya menyuramkan reputasinya.Dimasa pemerintahannya dia terkenal dengan kehidupannya yang mewah.Dia sangat baik terhadap para sahabatnya namun sangat kejam terhadap musuh-musuhnya.Satu-satunya jasa yang diberikan kepada negara adalah dia mengangkat saudara sepupunya yang handal,Umar bin Abdul Aziz untuk menduduki tahta kerajaan yang karena perbuatan besarnya dia disebut “kunci rahmat”.Beliau wafat pada usia 45 tahun.

Demikianlah Sejarah Klalifah Sulaiman Bin Abdul Malik, sosok Khalifah Islam yang sangat luar biasa, dan patut untuk kita contoh dan jadikan sebagai tauladan

Teriamakasih atas kesudiannyanya berkunjung ke "blogwalking" ini, semoga sobat blogger Muslim mania tidak kapok untuk datang dan mampir di blog ini. karen apa?

"Bersilaturahmi itu dapat memanjangkan umur, dan memurahkan rizki"
Jika sobat semua memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar atau pada buku tamu yang sudah tersedia di blog ini ya, ^_^

JazakAllah Khairan Katsiran
Wassalamualaikum
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Putra DCD | PGMI STAIN | Mediaalishlah | Premium Template | Metro | 2013
Copyright © 2013. blogwalking - Be The Best - Do The Best
Template Modify by Creating Website Inspiration Informstion
Proudly Present Andi Septiawan